Perkembangan pesat e-commerce di Indonesia, khususnya aplikasi Shopee. E-commerce menjadi populer karena kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja secara online, termasuk diskon, promo, dan pengiriman gratis. Namun, ada juga masalah penipuan dan waktu pengiriman yang lama yang membuat beberapa orang meragukan e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap aplikasi Shopee di Google Play Store menggunakan metode Naïve Bayes dengan pembobotan R-Kuadrat. Metode ini digunakan untuk mengklasifikasikan opini pengguna menjadi positif atau negatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode Naïve Bayes dengan pembobotan R-Kuadrat memiliki akurasi yang lebih baik 81% dibandingkan dengan metode Naïve Bayes tanpa pembobotan 42%. Dari hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembobotan R-Kuadrat pada metode Naïve Bayes mampu meningkatkan performa analisis sentimen terhadap aplikasi Shopee di Play Store. Dengan pembobotan R-Kuadrat, akurasi meningkat sebesar 39%, recall meningkat sebesar 71%, dan nilai F1-score meningkat sebesar 47%. Namun, perlu diperhatikan bahwa precision mengalami penurunan sebesar 15%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024