Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman
Vol 9, No 1 (2024): Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman

PENERAPAN METODE WAHDAH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA SMA AR-RAHMAN MEDAN HELVETIA

Masyhuril, Nizar (Unknown)
Abdurrasyid, Abdurrasyid (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi dampak penerapan metode Wahdah dalam meningkatkan tingkat hafalan siswa di SMA Ar-Rahman Medan Helvetia. Metode Wahdah merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan ajaran agama Islam dengan materi pembelajaran umum. Studi ini melibatkan siswa SMA Ar-Rahman Medan Helvetia sebagai subjek penelitian, yang terbagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan metode Wahdah, dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional.Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan pre-test dan post-test sebagai instrumen pengumpulan data. Pengukuran hafalan siswa dilakukan dengan menggunakan uji tertulis yang mencakup materi pembelajaran terkait. Analisis statistik dilakukan untuk membandingkan prestasi hafalan antara kedua kelompok. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Wahdah dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan hafalan siswa SMA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-muaddib

Publisher

Subject

Education Other

Description

Al- Muaddib (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman)adalah jurnal yang menampung publikasi ilmu sosial dan keislaman, baik itu artikel maupun hasil penelitian dari Dosen, Mahasiswa dan ...