Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2024): March

Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu E-Book Socioscientific Issue untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan kolaborasi Peserta Didik

dwi Gustia, Ratu (Unknown)
Irwandani, Irwandani (Unknown)
Fadilah Akbar, Muhammad (Unknown)
Mustari, Mukarramah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu E-Modul Socioscientific Issue untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi peserta didik. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian berupa Posttest Only Design. Teknik pengumpulan data menggunakan Lembar observasi. Sebelum instrument digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji realibilitas dan uji hipotesis dengan pendahuluan uji normalitas dan homogenitas. Pada lembar observasi kemampuan komunikasi peserta didik mendapatkan hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen bedasarkan hasil analisis data menggunakan rumus presentase yaitu sebesar 85,61% untuk kelas eksperimen. Sedangkan untuk hasil nilai rata-rata pada kelas kontrol bedasarkan hasil analisis data menggunakan rumus presentase sebesar 47,73%. Kemudian Pada lembar observasi kemampuan kolaborasi peserta didik mendapatkan hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen bedasarkan hasil analisis data menggunakan rumus presentase yaitu sebesar 86,49% untuk kelas eksperimen. Sedangkan untuk hasil nilai rata-rata pada kelas kontrol bedasarkan hasil analisis data menggunakan rumus presentase mendapatkan nilai sebesar 39,39%. Bedasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi dan kolaborasi peserta didik pada kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Flippedd Classroom berbantu E-Book Socioscientific Issue dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran Konvensional berbantu buku cetak IPAS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...