Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 7, No 2 (2024): July 2024

PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 6 MEDAN

Sihite, Tantri (Unknown)
Dachi, Surya Wisada (Unknown)
Handayani, Elfira (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI di SMK Negeri 6 Medan melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XI BDP 1 di SMK Negeri 6 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL berhasil meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan skor rata-rata siswa dari 40,56 (kategori rendah) pada awal penelitian menjadi 68,47 (kategori sedang) pada siklus I dan 81,81 (kategori tinggi) pada siklus II. Selain itu, terjadi peningkatan dalam pencapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Pada siklus I, sebanyak 16 siswa (53,33%) mencapai ketuntasan. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 25 siswa (83,33%).Kata kunci: Pendekatan CTL, Kemampuan Pemahaman Konsep

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...