Kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan oleh siswa untuk memecahkan masalah matematika baik pada kehidupan sehari-hari atau pembelajaran, komunikasi dan pemecahan masalah sangat saling berkaitan dalam matematis. Dimana penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V dengan implementasi model discovery learning pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) yang telah dilaksanakan secara dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas VA SD Negeri Sidorejo Lor 03 Salatiga sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil evaluasi komunikasi matematika pada siklus I dan siklus II sebesar 73,57 dan 83,57 ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 15 peserta didik 53,57% yang meningkat pada siklus II sebanyak 23 peserta didik 82,1%. sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi model discovery learning mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V-A SD Negeri Sidorejo Lor 03 SalatigaKata kunci: Discovery learning, komunikasi matematis, PTK
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024