Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 7, No 2 (2024): July 2024

ANALISIS KESALAHAN SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR PEMECAHAN MASALAH POLYA

Ginting, Deri Yantika Br (Unknown)
Asmin, Asmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini didasari atas banyaknya kesulitan yang dihadapi siswa saat menyelesaikan soal cerita matematika yang menyebabkan terjadinya kesalahan. Kesalahan pada siswa harus segera dianalisis agar tidak terulang kembali dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Analisis ini dapat dilakukan dengan menggunakan prosedur pemecahan masalah Polya sehingga dapat mengetahui jenis kesalahan, dan faktor penyebab kesalahan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur pemecahan masalah polya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-3 di SMP Swasta Brigjend Katamso Medan yang berjumlah 38 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan keabsahan data dapat disimpulkan bahwa tingkat kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan prosedur pemecahan masalah polya adalah memahami masalah sebesar 18,18%, merencanakan penyelesaian sebesar 28,44%, menyelesaikan masalah sebesar 25,21%, dan memeriksa kembali 28,15%. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan disebabkan karena kurang fokus atau konsentrasi dalam mengerjakan soal, terburu-buru membaca soal, kepercayaan diri dan motivasi mereka untuk belajar, model pengajaran guru, lingkungan belajar, pengetahuan sebelumnya, waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan soal, kemampuan berhitung, dan seringnya mereka berlatih dalam memecahkan masalah termasuk soal cerita. Maka dari jenis dan faktor penyebab kesalahan yang didapatkan pada penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai evaluasi dan mengetahui tahap penyelesaian siswa saat menyelesaikan soal cerita matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...