Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 3 : Al Qalam (Mei 2024)

Nilai-nilai Pendidikan Moderasi Beragama dalam Surah Al-Mumtahanah Ayat 1-13 (Kajian Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Alqur'anul Adzim)

Harahap, Nurhasanah (Unknown)
Nahar, Syamsu (Unknown)
Budianti, Yusnaili (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) 1) tafsiran ayat pada surah al-Mumtahanah ayat 1-13 menurut tafsir al-Misbah dan tafsir alqur’anul adzim. 2) pendidikan moderasi beragama pada surah al-Mumtahanah. 3) kontribusi surah al-Mumtahanah pada nilai-nilai moderasi beragama dalam mengatasi problematika pendidikan Islam kontemprer. Penelitian ini ialah merupakan paradigma jenis penelitian kepustakaan (library research) atau sering disebut dengan studi literatur, yakni penelitian dengan pengumpulan data serta informasi yang diperoleh dari bahan-bahan kepustakaan.Pada penelitian ini menggunakan metode tahlili. Metode tahlili adalah metode menafsirkan alqur’an yang berusaha menjelaskan alqur’an dengan menguraikan berbagai seginya serta menjelaskan apa yang dimaksud oleh alqur’an.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) surah ini diawali dengan adanya sebuah seruan yang penuh akan kasih dan sayang. Surah ini juga mengandung mengenai penjelasan akan hukum perkawinan dengan orang pindah agama. Surah al-mumtahanah tersirat beberapa pesan yakni: pesan penting tentang hubungan antara orang beriman dan orang kafir.2) Pendidikan moderasi beragama diyakini dengan memuat nilai dan praktik baik yang ideal guna mewujudkan kemaslahatan masyarakat di Indonesia.  3) kontribusi nilai-nilai moderasi beragama pada surah al-Mumtahanah di antaranya ialah: toleransi antar agama, pemahaman terhadap nilai-nilai kemanusiaan, menanggulangi ekstremisme dalam toleransi, mengajarkan prinsip-prinsip keadilan dan keseimbangan, membangun pemahaman yang mendalam tentang agama Islam, keteladanan dalam berinteraksi, pendidikan multikultural, keadilan dan keseimbangan, dialog dan komunikasi yang efektif, tanggungjawab sosial, kemurahan hati serta empati.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...