Tingginya minat masyarakat di pasaran terhadap minyak karo menjadikan minyak karo sebagai salah satu produk unggulan lokal Kabupaten Karo. Pasar minyak karo ini sudah mencapai pasar nasional dengan di pasarkannya di beberapa kota-kota besar di seluruh Indonesia seperti Medan, Jakarta, dan Surabaya bahkan sudah sampai keluar negeri ke Amerika. Beberapa kendala yang di hadapi pengusaha minyak karo yaitu kurangnya modal dan perhatian pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi pengembangan usaha minyak karo di Desa Lingga Kecamatan Simpang IV Kabupaten Karo dan strategi alternatif yang memungkinkan untuk diterapkan dalam pengembangan usaha minyak karo di desa tersebut. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dan penentuan lokasi secara sengaja (purposive). Metode analisis data menggunakan matriks IE (Interal Eksternal) dan matriks SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats).
Copyrights © 2023