Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika
Vol 3 No 2 (2024)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS AL HIKMAH SIDANG

Wiwid, Wiwid (Unknown)
Hasmy, Ali (Unknown)
Nurul Wahidah, Andina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTs Al-Hikmah Sidang; 2) menganalisis gaya belajar peserta didik kelas VIII MTs Al-Hikmah Sidang; dan 3) menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar kelas VIII MTs Al-Hikmah Sidang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-Post Facto. Jumlah populasi sebanyak 107 peserta didik, melalui teknik pengambilan sample yaitu stratified random sampling diperoleh sampel sebanyak 86 peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data terdiri dari: 1) teknik tes dengan instrumen tes essay; 2) teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen lembar angket tertutup; dan 3) teknik studi dokumen dengan instrumen dokumen dan foto. Instrumen diuji validitasnya menggunakan validitas isi dan konstruk, uji validitas isi menggunakan indeks lawshe, sedangkan uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfirmatori non parametrik. Selanjutnya uji reliabilitas dengan cronbach alpha. Analisis data menggunakan uji kruskul-wallis. Berdasarkan analisis, diperoleh kesimpulan pertama kemampuan komunikasi matematis berada pada tingkat cukup dengan variasi tidak terlalu signifikan dengan nilai rata-rata yang konsisten di setiap kelas VIII (A: 76,3-77,9, B: 68,3-70,1, C: 71,9-74,2) menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik mampu memahami dan menyampaikan konsep matematika dengan cukup melalui essay. Kedua gaya belajar setiap kelas menyatakan bahwa peserta didik secara keseluruhan, cenderung pada gaya belajar campuran. Rata-rata skor angket untuk gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik masing-masing adalah 80,47, 79,47, dan 81,06, dengan skor rata-rata kinestetik sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan visual dan auditorial. Ketiga kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan gaya belajar peserta didik kelas VIII, sebagaimana ditunjukan oleh nilai signifikansi 0,074 > 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-adad

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang ...