Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 4 : Al Qalam (Juli 2024)

Penerapan Manajemen Kepemimpinan yang Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Teknologi Kejuruan di Sekolah Menengah Kejuruan

Latifah, Ulfi (Unknown)
Maksum, Hasan (Unknown)
Purwanto, Wawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Pendidikan teknologi kejuruan memiliki peran vital dalam menyediakan tenaga kerja terampil bagi industri di era globalisasi dan revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik-praktik kepemimpinan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan teknologi kejuruan, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kepemimpinan yang baik dapat membangun visi, menciptakan budaya organisasi yang mendukung pembelajaran, dan mengelola sumber daya secara efisien. Melalui pendekatan systematic review dengan metode PRISMA, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat keberhasilan kepemimpinan, serta menganalisis dampaknya terhadap kinerja guru, motivasi siswa, dan kesiapan kerja lulusan SMK. Temuan utama menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran ganda sebagai edukator, manajer, administrator, dan supervisor dalam manajemen kepemimpinan. Aspek penting lainnya meliputi pengelolaan pembelajaran berkualitas, pemahaman landasan filosofi dan prinsip Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK), penerapan prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM), pemanfaatan teknologi informasi, pendidikan karakter, kepemimpinan digital, serta upaya mengurangi kesenjangan keterampilan lulusan dengan dunia industri. Penelitian ini mengembangkan model kepemimpinan yang sesuai untuk diterapkan di SMK guna meningkatkan kualitas pendidikan teknologi kejuruan di Indonesia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...