MANNERS Management and Entrepreneurship Journal
Vol 6 No 2 (2023): Oktober

MENDORONG WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KE KABUPATEN GARUT, JAWA BARAT

Wina Lidiya, Wina Lidiya (Unknown)
Mulyana, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

ABSTRAKSektor pariwisata di Indonesia menjadi salah satu sektor industri yang berpotensi besaruntuk terus dikembangkan. Mengingat kekayaan alam yang terhampar luas sertakeragaman dan keunikan kebudayaan Indonesia merupakan komponen penting dalampariwisata Tidak mengherankan jika industri pariwisata Indonesia menjadi salah satupenghasil devisa negara terbesar. Di samping itu, sektor pariwisata juga mampu berperanuntuk menghidupkan sektor perekonomian lainnya, serta menyediakan lapangan pekerjaanbagi masyarakat. Bank Indonesia (BI) menyebut pariwisata merupakan sektor yang palingefektif meningkatkan devisa Indonesia. Salah satu alasannya adalah sumber daya yangdiperlukan untuk pengembangan pariwisata terletak di dalam negeri. Penelitian inimenggunakanometode penelitianydeskriptif kuantitatif dengan menggunakanpendekataneeksploratif metode penemuan dengan mengumpulkan data, mensintesis,mengelola dan menganalisis data yang diperoleh. Berdasarkan rumusan masalah, makatujuanipenelitianoyang diharapkan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui faktorfaktoroapa saja yang menjadi pendoronggpotensi objek wisata di Kabupaten Garut.”Mengenai analisis faktor yang mendorong wisatawan untuk berwisata di Kabupaten Garut,maka peneliti menarik simpulan bahwa: 1. faktor-faktor yang mendorong wisatawan untukberwisata di Kabupaten Garut dengan proses reduksi yaitu terdapat 4 faktor terbentuk: a.faktor personal (kepentingan pekerjaan, biaya yang diperlukan relatif murah, atribut yangmenarik, tersedianya transportasi umum menuju objek, fasilitas lengkap, mudahnya aksesjalan, kebersihan tempat, keamanan objek wisata, keamanan dan budaya warga setempat)b. faktor kebudayaan (apresiasi kesenian, kuliner yang disediakan beragam dan menarik,mengisi waktu luang, lokasi yang mudah dijangkau, mentafakuri alam) c. faktor psikologis(menenangkan diri/pikiran, kesejukan udara, keindahan pemandangan alam, spot foto yangmenarik) d. faktor sosial (ajakan teman/keluarga) 2. Dari 4 faktor yang terbentuk hanyaada 3 faktor yang memiliki nilai korelasi tertinggi yaitu faktor personal, kebudayaan dansosial.Kata Kunci: Sektor Pariwisata, Objek Wisata

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

manners

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

MANNERS adalah sebuah publikasi karya ilmiah yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua (2) kali dalam satau tahun yaitu bulan Maret dan Oktober. Adapun tujuan pembuatan jurnal manajemen ini adalah memberikan fasilitas bagi rekan rekan dosen untuk menyalurkan karya ilmiah dalam bidang manajemen. ...