MANNERS Management and Entrepreneurship Journal
Vol 6 No 2 (2023): Oktober

PENGARUH DIGITAL MARKETING & CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CHACHA MANGO CIMAHI

Sunarko, Regina Dhofirani (Unknown)
Nursalin, Kezia Kurniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

ABSTRAKBanyaknya permintaan makanan dan minuman menjadikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam bidang ini memiliki peluang pertumbuhan yang cukup besar serta meningkatkan persaingan antar pemilik usaha UMKM didalamnya. Berbagai upaya bisnis dilakukan oleh para UMKM untuk meningkatkan penjualan mereka, termasuk upaya pemasaran, perluasan distribusi hingga masuk ke media sosial serta e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Digital Marketing dan customer relationship marketing terhadap Kepuasan Konsumen Chacha Mango Cimahi. Penelitian dilakukan terhadap 105 responden dan diolah melalui uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik serta regresi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemasaran digital dan customer relationship marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 39.1%. Uji Hipotesis memperlihatkan H1 diterima (pemasaran digital mempengaruhi kepuasan pelanggan), H2 diterima (customer relationship marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan)serta H3 diterima (pemasaran digital dan customer relationship marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan).Kata kunci: Pemasaran digital, customer relationship marketing, kepuasan pelanggan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

manners

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

MANNERS adalah sebuah publikasi karya ilmiah yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua (2) kali dalam satau tahun yaitu bulan Maret dan Oktober. Adapun tujuan pembuatan jurnal manajemen ini adalah memberikan fasilitas bagi rekan rekan dosen untuk menyalurkan karya ilmiah dalam bidang manajemen. ...