Community Empowerment Journal
Vol. 2 No. 2 (2024)

Mengembangkan literasi digital pada anak Sekolah Dasar melalui cerita digital

Maharani, Mega Mulianing (Unknown)
Wijatmiko, Farhan (Unknown)
Nurrengganis, Amelia Berliana (Unknown)
Billah, Lutviana (Unknown)
Pratama, Rifqi Andi (Unknown)
Khotijah, Nur (Unknown)
Oktavian, Rifqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kehidupan yang serba modern menjadikan perkembangan teknologi semakin berkembang. Perkembangan teknologi membawa dampak pada berkembangnya literasi digital. Literasi digital menjadi sangat perlu dikenalkan pada siswa-siswi usia sekolah dasar. Kegiatan litreasi digital yang disosialisasikan kepada siswa-siswi SD N 1 Sukorejo Guntur Demak bertujuan untuk menjembatani siswa-siswi dalam belajar Bahasa Inggris menggunakan media digital. Media bercerita yang mudah diakses dari YouTube mengantarkan siswa-siswi menjadi lebih memahami keguanaan gadget dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan belajar di kelas. Sehingga guru pun dapat menggunakan cerita sederhana dalam bahasa Inggris sebagai materi belajar di dalam kelas. Dengan demikian, melek literasi digital akan semakin berkembang secara positif yang dapat berjalan berdampingan antara kehidupan kelas dan kehidupan rumah. Sosialisasi yang dilakukan menuai hasil bahwa siswa-siswi SD N 1 Sukorejo memahami arti penting literasi digital dalam kehidupan mereka, menyadari bahwa menggunakan gadget tidak semata-mata untuk main bersama temannya (mabar) dan mulai mengenal cerita digital dapat diakses dari YouTube, sehingga mereka berpendapat bahwa cerita digital dapat mereka gunakan untuk sumber belajar. Modern era has changed technology development. The technology development brings a positive impact on the development of digital literacy. Digital literacy is needed in order to introduce an elementary school students’ point of view. The literacy digital is introduced to a state elementary school in Sukorejo Guntur Demak. The purpose is to accommodate their English learning through digital media. The story media which is freely downloaded in YouTube help the students to understand the meaning of gadget in their life and English classroom learning. Therefore, both students and teacher can use it as an English reading source. As a result, literacy digital can provide a positive impact both in students’ classroom English learning and daily activities.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cej

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

The mission of Community Empowerment Journal is to serve as the premier peer-reviewed, interdisciplinary journal to advance theory and practice related to all forms of outreach and empowerment. This includes highlighting innovative endeavors; critically examining emerging issues, trends, challenges, ...