Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di UPT SPF SDN Kalukuang IV. Program ini melibatkan mahasiswa sebagai pengajar untuk berinteraksi langsung dengan siswa, dengan tujuan utama memperbaiki semangat dan minat belajar. Metode penelitian ini menggabungkan teknik kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh data yang lebih komprehensif dan mendalam. Teknik kuantitatif akan dilakukan melalui survei yang mengukur tingkat motivasi belajar siswa sebelum dan setelah terlibatnya mahasiswa pengajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran berhasil meningkatkan motivasi siswa secara signifikan. Siswa menunjukkan peningkatan antusiasme dan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar, berkat metode pengajaran yang inovatif dan pendekatan yang lebih personal. Program ini juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Temuan ini menekankan pentingnya kolaborasi antara lembaga pendidikan dan mahasiswa dalam mendukung keberhasilan pendidikan di tingkat sekolah dasar. This study aims to analyze the effectiveness of the Campus Teaching Program Batch 5 in improving students' learning motivation at UPT SPF SDN Kalukuang IV. This program involves students as teachers to interact directly with students, with the main goal of improving their enthusiasm and interest in learning. This research method combines quantitative and qualitative techniques to obtain more comprehensive and in-depth data. The quantitative technique will be carried out through a survey that measures the level of students' learning motivation before and after the involvement of student teachers. The results of the analysis show that student involvement in the learning process has succeeded in significantly increasing student motivation. Students showed increased enthusiasm and active involvement in learning activities, thanks to innovative teaching methods and a more personal approach. This program also created a more enjoyable and interactive learning environment. These findings emphasize the importance of collaboration between educational institutions and students in supporting the success of education at the elementary school level.
Copyrights © 2024