Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol. 6 No. 1 (2024): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Bijak Makan: Instagram Campaign Mitigasi Perubahan Iklim dengan Strategi Kreatif Makanan Lokal Rendah Karbon

Ridlo, M Harun Rosyid (Unknown)
Risqita, Exa Syafina Jullyan (Unknown)
Amalia, Fani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Perubahan iklim menjadi isu yang selalu hangat diperbincangkan dalam beberapa dekade terakhir. Kendala utama komunikasi perubahan iklim adalah kurangnya kesadaran masyarakat soal urgensi dampak perubahan iklim. Masyarakat masih menganggap bahwa perubahan iklim adalah masalah sains, padahal berdampak besar pada kehidupan sosial. Maka, perlu adanya strategi komunikasi yang mudah diakses, berkaitan erat dengan audiens, dan mampu membangkitkan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi kreatif komunikasi melalui kampanye online di layanan jejaring sosial Instagram. Pesan utama dalam kampanye ini adalah mitigasi perubahan iklim melalui konsumsi makanan lokal rendah karbon. Proses perancangan dilakukan dengan metode desain yang terdiri dari discovery, planning, creative, dan application. Hasil perancangan dapat memberikan gambaran bagaimana menyusun strategi komunikasi kreatif dan visual dalam kampanye mitigasi perubahan iklim melalui layanan jejaring sosial Instagram.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gestalt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal GESTALT merupakan terbitan berkala ilmiah Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Gestalt Terbit dua kali setahun pada bulan juni dan ...