Journal of Public Policy and Management Review
Vol 13, No 3: Juli, Administrasi Pubik Rembang 2024

IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN PEMASARAN PARIWISATA DI MANDALIKA NUSA TENGGARA BARAT

Tri Rahayu, Sevia (Unknown)
Subowo, Ari (Unknown)
Yuniningsih, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis Implementasi Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini dilandasi dengan belum terangkatnya Destinasi Super Prioritas di Mandalika, Key Strategy yang dibuat Kemenparekraf belum semuanya berjalan baik, Daya tarik wisata masih sangat kurang, kurangnya kepekaan masyarakat Indonesia terhadap pariwisata di Mandalika Nusa Tenggara Barat. Tujuan penelitian ini memiliki dua aspek utama bagaimana implementasinya dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengembangan pemasaran pariwisata di Mandalika telah berjalan dengan sesuai rencana strategis meskipun masih ada beberapa area yang memerlukan perbaikan. Saran untuk perbaikan permasalahan yang dihadapi kelompok sasaran yang belum baik, kemampuan penerima manfaat untuk mengelola keluaran program serta ketersediaan sumber anggaran dalam pelaksanaan program yaitu dengan peningkatan pelatihan dan pendampingan bagi penerima manfaat, peningkatan kerja sama antar pemangku kepentingan, dan peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran pariwisata

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppmr

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Publik diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas ...