Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)
Vol 5, No 2 (2023): AGUSTUS

Strategi Kesuksesan Tribun Timur Raih Youtube Awards 2022 Kategori Most Viewed News Channel

Juliady, Rayfadil Dwi (Unknown)
Syarif, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui srategi kesuksesan Tribun Timur raih Youtube Awards 2022 kategori Most Viewed News Channel. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini mengacu pada strategi manejemen media baru dari George R. Terry yaitu, (Planning), (Organizing), (Acting), dan (Controlling) POAC. Hasil penelitian menunjukkan strategi dalam mengelola media baru salah satunya platform Youtube dalam hal ini Tribun Timur sukses merai penghargaan Youtube Awards. Terdapat tahapan diantaranya: (1) Perencanaan, dalam merspon perkembangan teknologi pada arus informasi Tribun Timur melakukan terobosan dan berinofasi dalam produksi dan distribusi informasi yaitu dengan cara mengkonvergensi medianya dari media konvensional ke media baru dengan memanfaatkan media sosial salah satunya platform youtube. (2) Perorganisasian, mengubah dan menerapkan struktur organisasi new media dengan membentuk komponen baru sesuai kebutuhan dalam mekanisme produksi dan distibusi pada media baru khususnya pada penelolaan platform youtube. (3) Pelaksanaan, menjalankan strategi pelaksanaan dalam mengelola dan mengemas informasi menjadi konten youtube dengan berbagai tahapan-tahapan dan secara kosnsiten mengupload puluhan video perharinya. (4) Pengendalian ini berupa pengotimalisasi data dan statistik yang menggunakan youtube analytics sebagai acuan dalam mengoreksi, evaluasi dan laporan setiap konten yang telah terupload. kemudian dalam membangun pasar dan target yaitu dengan menjalin kolaborasi eksternal membuka ruang dan komunikasi dari pihak pemerintah, swasta, komunitas dan lapisan masyarakat lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jko

Publisher

Subject

Humanities

Description

Komunikasi organisasi, studi media, teknologi komunikasi, komunikasi interpersonal, iklan, komunikasi antarbudaya, strategi komunikasi, public relations, kajian organisasi publik dan ...