Kalkulus II adalah mata kuliah yang menuntut tingkat pemahaman dan analisis yang tinggi, serta menjadi dasar yang esensial dalam disiplin ilmu sains, teknologi, teknik, dan matematika. Pembelajaran daring melibatkan penggunaan teknologi komputer dan internet untuk menyampaikan materi pelajaran, berinteraksi dengan instruktur, dan berkomunikasi dengan sesama siswa. Sedangkan pembelajaran luring melibatkan interaksi langsung antara mahasiswa dan dosen di suatu tempat seperti kelas atau ruang kuliah. Tujuan dari penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan rata-rata nilai mahasiswa pada pembelajaran luring dan daring untuk mata kuliah kalkulus II di Program Studi Teknik Informatika pada salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Penelitian ini menganalisis tantang statistika deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis t pada nilai rata-rata mahasiswa luring dan daring. Dari hasil perhitungan yang telah diperoleh untuk statistika deskriptif adalah dari jumlah mahasiswa luring adalah 45 mahasiswa, sedangkan mahasiswa daring adalah 30 mahasiswa diperoleh nilai rata-rata dari mahasiswa luring sebesar 66,671 sedangkan mahasiswa daring sebesar 72,248. Standar deviasi atau simpangan baku untuk kelas luring sebesar 5,832 sedangkan untuk mahasiswa daring sebesar 12,041. Nilai rata-rata kelas daring lebih besar daripada kelas luring. Tetapi kelas daring memiliki standar deviasi yang lebih besar daripada kelas luring. Untuk uji normalitas diperoleh nilai signifikasinya untuk kelas luring adalah 0,146 dan untuk kelas daring adalah 0,200; sehingga distribusi data untuk nilai rata-rata kelas luring maupun daring berdistribusi normal. Dari hasil uji t diperoleh hasil bahwa nilai dari signifikansinya sebesar 0,00; sehingga terdapat perbedaan rata-rata nilai mahasiswa pada kuliah luring maupun daring.
Copyrights © 2023