Jurnal CARE
Vol. 12 No. 1 (2024): Juli

Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Ecoprint

Yuandana, Tarich (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang hasil pemanfaatan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui ecoprint di era merdeka bermain. Kreativitas merupakan perwujudan dari individu yang berfungsi sepenuhnya, dengan kreativitas memungkinkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Kreativitas dapat ditingkatkan melalui pemanfaaatan bahan alam pada kegiatan ecoprint. Subjek penelitian terdiri dari anak usia dini dari kelas A berusia 4-5 tahun, guru, dan kepala TK, serta kegiatan ecoprint itu sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan, dokumentasi. Analisis data yang diperoleh di lapangan berupa lembar hasil observasi, catatan hasil wawancara, dan dokumen yang relevan dengan fokus penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui ecoprint di taman kanak-kanak. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Dengan jumlah subjek penelitian 28 anak usia dini dan informan 3 pendidik. Berdasarkan hasil penelitian kegiatan ecoprint dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini seperti pada kegiatan: (1) anak menata daun dan bunga diatas kain putih secara bebas sesuai kreativitas; (2) anak membuat bentuk ecoprint dari bahan daun dan bungan dengan bervariasi, dan; dan  (3) anak membuat hasil karya ecoprint sendiri. Lebih dari 50 % anak mendapat nilai berkembang sangat baik, hai ini dapat terlihat dalam mempraktikkan ecoprint bersama, anak terlihat mampu menyelesaikan secara mandiri dan antusias. Secara keseluruhannya pengamatan terhadap anak serta hasil wawancara dengan guru kelas dan kepala sekolah kemampuan berkreativitas, berimajinasi, dan kemampuan anak menghasilkan karya pada anak usia dini meningkat dengan dilakukannya kegiatan membuat kreasi ecoprint, selain itu juga bahan alam seperti daun, dan bunga turut berguna dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...