Jurnal Math-UMB.EDU
Vol. 11 No. 2 (2024): MARCH

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

Yokia Marsita (Unknown)
Ishaq Nuriadin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa untuk menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Ada empat indikator kemampuan berpikir kritis: 1) menyatakan penjelasan sederhana, 2) menyertakan penjelasan lanjut, 3) memilih strategi dan teknik, 4) menyajikan kesimpulan. Objek penelitian sebanyak 21 siswa kelas VIII di salah satu Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTS Swasta) di Ciputat Timur Tangerang Selatan yang telah diajarkan materi SPLDV. Kemudian dipilih subjek yang memiliki kemampuan disposisi matematis tinggi, sedang, rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket disposisi matematis, tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi penelitian. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan disposisi kategori tinggi mampu menjangkau keempat indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Siswa kategori disposisi matematis sedang mampu menjangkau tiga dari empat indikator berpikir kritis matematis. Siswa  kategori disposisi matematis rendah baru mampu menjangkau satu diantara empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu Elementary clarification (memberikan penjelasan sederhana). Kata Kunci: disposisi matematis, kemampuan berpikir kritis matematis, soal cerita

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...