Jurnal Math-UMB.EDU
Vol. 11 No. 3 (2024): JULY

DESKRIPSI PENGETAHUAN METAKOGNISI SISWA KELAS XI SMA NEGERI KOTA JAMBI

Yarmayani, Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pengetahuan siswa tentang proses berpikirnya sendiri, serta kemampuan diri untuk mengatur dan mengontrol aktifitas berpikirnya saat belajar serta berpikir dapat disebut dengan kemampuan metakognisi. Siswa yang mahir dalam metakognisi mampu memanfaatkan fakta dengan tepat   dari instrumen pemecahan masalah, membuat rencana penyelesaian serta mempelajari bilamana dan sebab rencana penyelesaian instrument digunakan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengetahuan metakognisi siswa berkemampuan tinggi dalam pemecahan masalah matematika dengan tahapan Polya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI FI SMAN 6 Kota Jambi dengan jumlah siswa 35 kemudian dipilih dua orang untuk di wawancara. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah soal tes pemecahan masalah matematika dan petunjuk wawancara. Perolehan analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa siswa telah mencukupi parameter pengetahuan metakognisi yaitu pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural dan pengetahuan kondisional dalam tiap tahapan pemecahan masalah menurut polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan mengecek kembali. Kata Kunci: pengetahuan metakognisi, pemecahan masalah Matematika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...