Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai peningkatan hasil dan aktivitas belajar matematika sekolah dasar dengan metode team game turnamen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, khususnya menggunakan metodologi kuantitatif inferensial. Instrumen yang digunakan antara lain observasi, wawancara, tes, dan angket, untuk mengumpulkan data dari sampel sebanyak 30 siswa. Para siswa dipisahkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proporsi keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat dari 58,15% pada penilaian awal menjadi 88,15% setelah penerapan tindakan eksperimen. Selain itu, terjadi peningkatan yang signifikan pada rata-rata hasil belajar siswa, yaitu meningkat dari 42,00 pada tes pertama (pretest) menjadi 77,33 pada tes akhir (posttest). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Team Game Tournament (TGT) dengan media flashcard efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Team Game Tournament, matematika, hasil belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024