Pembelajaran ekonomi adalah proses memahami, mempelajari, danmemperoleh informasi tentang prinsip-prinsip ekonomi, teori-teori ekonomi,dan konsep-konsep ekonomi. Ini adalah proses pembelajaran yang mencobameningkatkan pemahaman seseorang tentang cara kerja perekonomian, carapenanganan sumber daya, dan cara pengambilan keputusan ekonomi. Penelitianini dilakukan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran ekonomi berbasis EBookdengan memanfaatkan Smart TV di Madrasah Aliyah Negeri PangkajeneKepulauan. Jenis penelitian eksperimental dengan desain pretest-posttestcontrol group di MAN Pangkajene Kepulauan. Hasil studi menunjukkanbahwa; Pembelajaran ekonomi berbasis e-book dengan memanfaatkan SmartTV dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memfasilitasiaksesibilitas, interaktivitas, dan keterlibatan siswa dalam pemahaman danpenerapan konsep-konsep ekonomi. Sehingga penting untuk memberikandukungan yang memadai kepada siswa dan guru dalam penggunaan e-bookdalam konteks pembelajaran ekonomi. Selain itu, pembelajaran ekonomiberbasis e-book mendorong pembelajaran mandiri dan berbasis masalah. Siswadiberikan latihan soal, studi kasus, dan tugas yang dapat diselesaikan secaramandiri, sehingga mereka dapat belajar dengan ritme mereka sendiri danmengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang diperlukan dalampemahaman ekonomi yang mendalam. Penggunaan e-book juga meningkatkanketerlibatan siswa melalui fitur interaktif seperti kuis, pertanyaan pilihan ganda,dan kegiatan kolaboratif. Siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran,berinteraksi dengan sesama siswa melalui forum diskusi online, danmenghubungi pengajar untuk bertanya dan berdiskusi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023