Jurnal Psikologi Insight
Vol 7, No 2 (2023)

Pengaruh Fanatisme terhadap Perilaku Konsumtif pada Penggemar Boyband NCT

Fauziyah, Salma Annisa (Unknown)
Nurhayati, Siti Rohmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Fanatisme merupakan salah satu fenomena yang sering dijumpai pada penggemar K-Pop, termasuk juga pada penggemar boyband NCT. Di sisi lain, penggemar NCT juga menunjukkan perilaku konsumtif yang berlebihan. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada penggemar boyband NCT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia yang disebarkan secara online menggunakan tautan Google Form. Sampel penelitian menggunakan  metode insidental sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fanatisme berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada penggemar boyband NCT. Nilai koefisien regresi adalah 0,677 dan nilai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05) yang membuktikan bahwa fanatisme berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif pada penggemar boyband NCT. Sumbangan efektif sebesar 28,9 persen dan sisanya sebesar 71,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

insight

Publisher

Subject

Religion Education Neuroscience Social Sciences Other

Description

Menerbitkan artikel-artikel ilmiah yang membahas topik-topik Psikologi seperti Psikologi sosial, Psikologi klinis, Psikologi perkembangan, Psikologi industri dan organisasi, Psikologi pendidikan, Pengukuran psikologi, Psikologi positif, Psikologi agama, dan Psikologi ...