Penelititan ini dilatar belakangi pentingnya strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif agar dapat membantu kandidat atau partai politik untuk meraih tujuan politiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif dalam mencapai tujuan politik, khususnya dalam konteks pemilihan umum di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan kandidiat dan lima team pemenangan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif dalam konteks pemilihan umum di Indonesia melibatkan empat elemen utama komunikasi pemasaran, yaitu: (1) Segmentasi audiens, yaitu dengan mengidentifikasi kelompok pemilih yang berbeda dan menyesuaikan pesan dan strategi komunikasi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing kelompok.(2) Personalisasi pesan, yaitu Kandidat menyesuaikan pesan politiknya dengan menggunakan data pemilih. (3).Penggunaan media sosial, yaitu Kandidat menggunakan Twitter untuk menjawab pertanyaan pemilih, Instagram untuk membagikan konten visual, dan TikTok untuk membuat konten yang menarik dan menghibur. (4) Manajemen citra: Citra positif kandidat atau partai politik penting untuk dibangun dan dijaga. Menggunakan strategi pemasaran push strategy, pass strategy dan pull strategy, Hal ini merupakan strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif dalam konteks pemilihan umum di Indonesia membantu kandidat dan team partai politik untuk meraih tujuan politiknya, memenangkan pemilihan umum atau membangun opini publik yang mendukung kebijakan tertentu.
Copyrights © 2024