Perkembangan teknologi yang pesat telah mempengaruhi berbagai bidang, termasuk ekonomi dan perdagangan, dimana teknologi informasi digunakan untuk meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan. Hyperival Store, sebuah toko sepatu di Surabaya, telah memanfaatkan media sosial untuk penjualan, namun kini ingin memperluas pasar melalui website. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe website Hyperival Store menggunakan metode Human Centered Design (HCD) yang fokus pada kebutuhan pengguna untuk meningkatkan kemudahan interaksi dan antarmuka pengguna. Evaluasi desain solusi dilakukan melalui pengujian usability yang mencakup aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari sembilan orang yang merupakan mahasiswa dan pekerja swasta. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat efektivitas rata-rata sebesar 95.55%, dengan aspek efisiensi menunjukkan nilai time-based efficiency sebesar 1232.92 goals/sec yang masuk dalam kategori sangat cepat. Skor rata-rata SUS sebesar 78.6 yang dikonversikan dalam adjective ratings menunjukkan kategori "Good" dengan grade scale C, yang berarti hasil desain dapat diterima dan dianggap memuaskan oleh pengguna. Dengan demikian, website ini diharapkan dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi, meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme Hyperival Store, serta memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2024