Triadik
Vol. 22 No. 1: April 2023

Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MIPA E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu

Ferdianti, Dini (Unknown)
Asiah, Nur (Unknown)
Arono, Arono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar bahasa Indonesia siswa dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dengan jumlah 36 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara dengan lembar observasi keaktifan siswa dan lembar respons siswa. Data penelitian diolah dengan teknik kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan metode demonstrasi yang memeprhatikan beberapa aspek pendukung (1) pemilihan bahan ajar dengan mempertimbangkan minat belajar siswa; dan (2) penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada setiap siklusnya, (1) prasiklus nilai 1,7 dalam kategori cukup aktif; (2) siklus I nilai 3,13 dalam kategori aktif; dan (3) siklus II nilai 3, 62 dalam kategori sangat aktif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

triadik

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

TRIADIK is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKIP University of Bengkulu. It is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and ...