Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar peserta didik dalam materi larutan penyangga di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model Kemmis dan McTaggart, yang melibatkan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sampel penelitian terdiri dari 38 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen observasi proses pembelajaran dan instrumen post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pencapaian hasil belajar klasikal peserta didik sebesar 23,3%. Pada siklus I, persentase hasil belajar klasikal mencapai 63,1%, kemudian meningkat menjadi 86,4% pada siklus II.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023