Statement : Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Vol 6 No 2 (2016): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG KERJA BANGKU DAN KERJA MESIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR

Rosich, Anas (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Melihat kenyataan di lapangan bahwa kemampuan peserta didik bervariasi tetapi kecerdasan tersebut dapat diupayakan agar lebih meningkat dengan adanya proses belajar. Kita semua mengakui bahwa salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran adalah faktor kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang efektif tidak muncul dengan sendirinya tetapi guru harus menciptakan situasi belajar yang kondusif yang memungkinkan peserta didik mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara optimal. Seperti halnya yang terjadi pada pembelajaran di awal Semester-1 Tahun Ajaran 2016-2017 di kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta Timur. Pada pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Kerja Bangku dan Kerja Mesin dengan materi pokok “Fungsi Peralatan Kerja Bangku dan Mesin”, dari 20 peserta didik kelas XI hanya 6 anak yang mendapatkan nilai di atas 70 atau setara dengan 25% peserta didik yang mampu menguasai materi. Melalui hasil temuan refleksi dan diskusi dengan teman sejawat, pembelajaran yang dilaksanakan sudah menunjukkan kemajuan. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya penguasaan dan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran. Hasil dari perbaikan mata pelajaran kerja bangku dan kerja mesin dibuktikan dengan peningkatan hasil nilai evaluasi peserta didik. Dari 20 peserta didik pada siklus I hanya ada 3 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas 70 atau setara dengan 46,5%. Pada siklus II perbaikan pembelajaran terdapat 4 peserta didik yang mendapat nilai di atas 70 atau setara dengan 58,5%, dan pada siklus III peserta didik yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 20 peserta didik atau setara 79%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

statement

Publisher

Subject

Religion Education

Description

jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan yang bernaung dibwah Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan (PMPP), menerima naskah hasil penelitian dalam bidang ilmu sosial diantaranya pendidikan, agama dan kajian ilmu sosial ...