Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model latihan JR-Desain Volley Ball Smash Drill sebagai kegiatan inti untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK materi smash bola voli pada siswa kelas XI SMA Citra Bakti. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pra- eksperimen time series dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas XI SMA Citra Bakti yang berjumlah 24 orang dengan kriteria 10 putri dan 14 putra. Data dari penelitian diambil dari tes dan pengukuran untuk hasil belajar menggunakan lembar observasi yang dinilai oleh dua orang penilai. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan perubahan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa selalu cenderung meningkat ke arah yang lebih baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model latihan JR-Desain efektif terhadap kegiatan inti dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK materi smash bola voli pada siswa kelas XI SMA Citra Bakti.
Copyrights © 2024