Fashohah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab
Vol 4 No 2 (2024)

EKSPLORASI DINAMIKA PEMBELAJARAN: INOVASI, TANTANGAN, DAN SOLUSI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI MI SUNAN GIRI MALANG

mustaufir (Unknown)
Arifuddin, Nur (Unknown)
Abdillah, Muhammad (Unknown)
Hasanah, Mahmudatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengeksplorasi dinamika pengajaran bahasa Arab di SD Sunan Giri Malang dengan fokus pada inovasi, tantangan dan solusi dalam pengembangan kurikulum. Pendidikan bahasa Arab menghadapi tuntutan era globalisasi dan kemajuan teknologi, yang memerlukan inovasi kurikulum untuk memenuhi kebutuhan zaman. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi implementasi kurikulum dan mengidentifikasi tantangan serta solusi dalam konteks SD Sunan Giri. Metodologi kualitatif dengan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Guru bahasa Arab di SD Sunan Giri menjadi responden dan data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum bahasa Arab di sekolah sudah menunjukkan kemajuan, namun masih terdapat tantangan seperti persepsi kesulitan bahasa Arab oleh siswa. Kata kunci: Dinamika Pembelajaran, manjemen kurikulum.Bahasa Arab

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fashoha

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fashohah is a journal that publishes original papers researching in Arabic teaching and learning. It is published by the Department of Arabic Language Education, Universitas Islam Malang, Indonesia. This journal is indexed in Google Scholar. Since Volume 1, the journal has regularly published twice ...