Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 7 No 3 (2023): Desember

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI STAD DI SMP SUNAN BONANG KRATON

Mukmilah, Amaliyah (Unknown)
Lestari, Andika Setyo Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran matematika sangat perlu diperhatikan sebab matematika bisa diartikan sebagai ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena termasuk ilmu yang universal. Proses pembelajaran juga harus beragam yang mana harus melibatkan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan di SMP Sunan Bonang Kraton dengan subjek sasarannya adalah kelas VII yang berjumlah 29 siswa dimana menerapkan model Student Teams Achievement Division (STAD). Model ini adalah suatu bentuk pembelajaran secara berkelompok. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang dilakukan pada tanggal 3 November dan 8 November. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Pembelajaran menggunakan model STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 43% dan pada siklus II sebesar 77%. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II, artinya pembelajaran menggunakan model STAD pada siklus II masuk dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...