Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan media konkret jellyfish matematika terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas 1 materi pengurangan SD Negeri 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimen design dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Tawangmas 01 Semarang dengan jumlah 27 peserta didik. Data yang diperoleh diujikan melalui uji normalitas, uji N-Gain, dan uji t paired sampel T-test. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata pretest 66 dan rata-rata nilai posttest 83. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis melalui uji t paired sampel t-test bahwa nilai Sig < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak pada taraf signifikan α = 0.05 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 artinya media konkret jellyfish matematika efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas 1. Kriteria N-gain juga mendapat nilai > 0,7 yang menunjukkan bahwa penggunaan media konkret jellyfish memiliki kriteria tinggi. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan penelitian ini adalah media konkret dapat dijadikan salah satu media untuk membantu proses pembelajaran agar menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
Copyrights © 2024