Agrimansion: Agribusiness Management & Extension
Vol 24 No 3 (2023): Jurnal Agrimansion Desember 2023

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI CABAI RAWIT DI KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Fadli, Fadli (Unknown)
FR, Aeko Fria Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui aspek-aspek yang mempengaruhi pengembangan usahatani cabai rawit di Kecamatan Suralaga dan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam pengembangan usahatani cabai rawit di Kecamatan Suralaga. Pengambilan daerah penelitian menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Reponden ditentutukan secara quota sampling sebanyak 50 orang. Metode pangambilan responden dengan Accidental sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian Menunjukkan bahawa : Aspek-aspek yang mempengaruhi produksi dan penerimaan usahatani cabai rawit di Kecamatan Suralaga adalah bibit cabai rawit, lahan, pupuk, pestisida, tenaga kerja dan alat-alat pertanian, dan Strategi pengembangan usahatani cabai rawit di Kecamatan Suralaga yaitu berada pada kuadran I, yaitu usahatani cabai rawit mempunyai kekuatan dan peluang. Strategi yang dapat diambil adalah agresif atau growth oriented strategy yaitu dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki petani dalam kegiatan usahatani cabai rawit. Selain itu, pada kuadran I ini petani dapat menerapkasn strategi S-O (Strenght – Opportunities).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Agri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Agrimansion adalah jurnal ilmiah yang memuat tulisan berupa hasil penelitian yang terkait dengan pemikiran/gagasan atau telaahan konseptual/teoritis yang mengkaji aspek-aspek agribisnis dan sosial ekonomi pertanian secara luas seperti manajemen produksi dan pemasaran produk pertanian, ...