Jurnal Pengabdian Dharma Laksana
Vol. 6 No. 2 (2024)

Penerapan Technopreneurship dalam Pengembangan Produk dan Digital Marketing pada CV. Akhtar Multindo (Rumah Madu Indonesia/RMI) di Kabupaten Bandung Barat

Erlangga, Heri (Unknown)
Hindarsa, Ida (Unknown)
Cahya, M. (Unknown)
Anjani, Azzahra Silvi Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara hidup manusia dalam era 4.0, terutama dalam pengelolaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). UKM perlu fokus pada pelatihan, pengembangan SDM, dan motivasi untuk menghadapi perubahan. Pengembangan SDM bukan hanya alat produksi, tetapi juga mengadopsi teknologi. Meskipun UKM berkembang pesat, pandemi Covid-19 mengganggu banyak pelaku usaha, terutama di sektor makanan, minuman herbal, fashion, dan kerajinan tangan di Kabupaten Bandung Barat. Mereka menghadapi masalah seperti keterbatasan teknologi dan kebutuhan pelatihan digital marketing. Pengabdian Kepada Masyarakat bertujuan memberikan peralatan teknologi dan pelatihan digital marketing kepada pelaku UKM. Dengan peralatan yang lebih canggih, pengembangan produk dapat ditingkatkan, dan pelatihan membantu mereka mempromosikan produk secara efektif. Metode yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan pelatihan. Hal ini diharapkan dapat membantu pelaku UKM di Kabupaten Bandung Barat mengatasi dampak pandemi dan beradaptasi dengan era digital saat ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdl

Publisher

Subject

Environmental Science

Description

Terbitan Berkala Ilmiah ini merupakan publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan cakupan bidang : Penelitian Bidang Energi, Penelitian Bidang Material Maju, Penelitian Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Penelitian Bidang Hukum dan Kebijakan Publik, Penelitian ...