Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 5, No 2 (2023): Peqguruang, Volume 5 Nomor 2 November 2023

Peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan Teorema pythagoras melalui penerapan model pembelajaran cettar membahana pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tandukkalua

Hesli, Hesli (Unknown)
Ahmad, Herlina (Unknown)
Syah, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Tandukkalua, yang terdiri dari 20 siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan teorema pythagoras. Metode observasi dan tes hasil belajar digunakan untuk mengumpulkan data. Selanjutnya, rumus data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran cettar membahana memperoleh nilai yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa model tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cettar membahana pada teori pythagoras mampunmeningkatkan motivasi belajar di siklus I dan siklus II, dengan nilai rata-rata 85,78 persen kategori tinggi. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teorema pythagoras dengan model pembelajaran cettar membhana akan menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana p

Copyrights © 2023