Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 6, No 2 (2024): Peqguruang

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN GAWAT DARURAT DIRUMAH SAKIT UMUM GMIM BETHESDA TOMOHON

Samola, Noldy Yulian (Unknown)
Asnidar, Asnidar (Unknown)
Al-Maidin, Achmad Mutaqien (Unknown)
Rais, Muhammad Kardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Mutu pelayanan dan kepuasan pelanggan dipilih sebagai variabel dalam penelitian ini karena penelitian tentang kepuasan pelanggan sangat penting untuk diteliti karena kepuasan pelanggan merupakan isu yang paling kerap dibincangkan dalam semua pasien Rumah Sakit. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif.  Desain yang digunakan pada penelitian ini bersifat Analitik dengan pendekatan cross sectional, yaitu dalam pengukuran dan pengamatan dilakukan pada saat bersamaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung rumah sakit GMIM Bethesda Tomohon pada bulan Maret Tahun 2024 rata-rata kunjungan rawat inap berjumlah 150 orang.  Sampel berjumlah 60 orang. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Dengan Analisis univariat dan bivariat hasil Penelitian ada hubungan pengaruh dimensi Informasi untuk Pasien (Information to Patient), Proses Penerimaan (Admission Process), Lingkungan Fisik (Physical Environment), Konsultasi Dokter (Physician Consultation) dengan kepuasan pasien Rumah Sakit GMIM Bethesda Tomohon dan Tidak ada hubungan  dimensi Waktu tunggu terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit GMIM Bethesda Tomohon. Diharapkan bagi akademik dapat menjadi bahan informasi dan literatur tentang Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien gawat darurat dirumah sakit umum GMIM Bethesda Tomohon.  

Copyrights © 2024