Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMPN 2 Campalagian. Subjek penelitian ini adalah kelas VII sebanyak 27 orang (16 perempuan 11 laki-laki). Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari (1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, (2) Lembar observasi aktivitas siswa (3) Tes kemampuan penalaran matematis. Lembar observasi di analisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Adapun hasil kualitatif lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran penelitian ini siklus I diperoleh 85,41% dan pada siklus II meningkat menjadi 95,13%. Hasil analisis kualitatif pada lembar aktivitas siswa siklus I diperoleh 75,18% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,64%. Sedangkan hasil analisis kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus I ketuntasan klasikal hanya mencapai 74,07% dan pada siklus II ketuntasan klasikal siswa meningkat menjadi 88,88%. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMPN 2 Campalagian.
Copyrights © 2023