Kemampuan menganalisis unsur instrinsik berperan penting bagi siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa menganalisis unsur intrinsikĀ  kumpulan CerpenĀ  parodia karya istifari hasan pada peserta didik kelas XI MIPA I MA DDI Kanang. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu hasil analisis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan teknik mean, persentase dan klasifikasi kemampuan.Dalam penelitian ini terdapat 7 unsur intrinstik yang di analisis siswa yaitu:(1) tema (2) alur/plot (3)Latar (4) Tokoh (5) Watak (6) sudut Pandang dan (7) Amanat.Setelah melakukan analisis data dari 25 siswa Mipa I nilai rata-rata yang diperoleh dari keseluruhan siswa sebanyak 89,32.Berdasarakan KKM siswa yang di anggap mampu ialah memeperoleh nilai 75 ke atas sedangkan peserta didik yang tidak mampu ialah memperoleh nilai kurang dari 75.Penilaian setiap aspek menggunakan indikator jika peserta didikĀ  memeperoleh nilai 4 dengan kategori sangat mampu.jika peserta didik memperoleh nilai 3 dengan kategori mampu,peserta didik yang memeperoh nilai 2 dengan kategori kurang.selanjutnya dengan kategori kurang mampu jika peserta didik memeperoleh nilai 1.Pada aspek alur/plot,latar,tokoh,watak,sudut pandang nilai rata-rata peserta didik berada dikategori sangat mampu dan mampu. Pada aspek tema dan amanat nilai rata-rata peserta didik berada dikategori baik dan kurang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023