Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 6, No 1 (2024): Peqguruang, Volume 6 Nomor 1 Mei 2024

Efektivitas Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VII MTs DDI Polewali

Muttalib, Abdul (Unknown)
Sahabuddin, Chuduriah (Unknown)
Kurnia, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas VII MTs DDI Polewali. Populasi diambil dari kelas VII dengan jumlah 32 orang. Sampel ditentukan VII A sebagai kelas kontrol sebanyak 15 orang dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 17 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kepada kelompok kontrol dan eksperimen dengan memperhatikan ruang lingkup materi pokok dan menjadi pembaca efektif bahasa Indonesia yang tercantum dalam kurikulim 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca yang dicapai peserta didik kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata sebesar 74,70 yang berada pada kategori mampu, peserta didik kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata sebesar 62,67 yang berada pada kategori kurang mampu. Kemudian hasil analisis inferensial pada taraf signifikan α = 0,05 menunjukkan hasil kemampuan membaca yang dicapai peserta didik kelas VII MTs DDI Polewali, pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 mengalami peningkatan yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran CIRC. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran CIRC lebih efektif dibanding dengan metode konvensional dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VII MTs DDI Polewali.

Copyrights © 2024