Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK BERBASIS BUDAYA MELAYU TERHADAP LITERASI SPASIAL DAN SELF-CONCEPT

Saputri, Lilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran VAK berbasis budaya melayu terhadap literasi spasial dan self-concept. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan metode pre experimental dengan desain the one pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Stabat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi spasial dan angket self-concept. Dari hasil analisis untuk Fhitung sebesar 21,489 dan Ftabel sebesar 3,34 maka Fhitung Ftabel maka dapat ditentukan bahwa terdapat pengaruh antar literasi spasial dan self-concept secara bersama-sama terhadap model pembelajaran VAK berbasis budaya melayu. Literasi spasial dan self-concept merupakan dua aspek penting yang perlu diperhatikan dalam model pembelajaran VAK berbasis budaya melayu. Literasi spasial yang tinggi dapat membantu siswa untuk memahami konsep-konsep yang diajarkan, sedangkan self-concept yang positif dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...