Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

STUDI KOMPARATIF: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN ST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ayu Dewi Chandra Pradnyanita (Unknown)
I Made Wena (Unknown)
Putu Ledyari Noviyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa akibat model pembelajaran yang kurang bervariatif. Padahal, proses pembelajaran menentukan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran TGT dan ST apabila ditinjau dari hasil belajar matematika siswa pada materi Persamaan Garis Lurus. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran TGT dan ST. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experiment dengan Posttest Only Control Group Design. Dari 8 kelas dalam populasi, 2 kelas dipilih sebagai sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelompok eksperimen-1 (kelas 8C) menggunakan model pembelajaran TGT, sementara kelompok eksperimen-2 (kelas 8D) menggunakan model pembelajaran ST. Pengumpulan data dilakukan menggunakan posttest. Berdasarkan data hasil posttest, diketahui bahwa kelompok eksperimen-1 memiliki rata-rata 73,64, sedangkan kelompok eksperimen-2 memiliki rata-rata 67,36. Hasil uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa thitung = 3,271 > ttabel = 1,989. Hasil uji Effect Size menunjukkan nilai 0,7 (kategori sedang) dengan persentase keefektifan 76%. Dari hasil ini, disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran TGT dan ST ditinjau dari hasil belajar matematika siswa, dan (2) model pembelajaran TGT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ST.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...