Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Vol 4 No 2 (2023): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah

Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pendekatan Berbasis Kelas

Shokhiyatun, Shokhiyatun (Unknown)
Haryati, Titik (Unknown)
Ginting, Rosalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Pelaksanaan pendidikan karakter saat ini memang dirasakan kurang memuaskan. Pendidikan karakter di Indonesia amat perlu pengembangannya bila mengingat masih banyaknya bentuk-bentuk kenakalan remaja, kekerasan, dan lain-lain. Bahkan yang paling memprihatinkan adalah membangun sifat jujur dan disiplin pada peserta didik di sekolah masih belum tercapai. Hal ini yang harus diperhatikan oleh pemerintah melalui pendidikan di sekolah. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) perencanaan (planning) penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di Sekolah Dasar Negeri Pasir 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak; 2) pengorganisasian (organizing) penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di Sekolah Dasar Negeri Pasir 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak; 3) pelaksanaan (actuating) penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di Sekolah Dasar Negeri Pasir 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak; 4) pengawasan (controling) penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di Sekolah Dasar Negeri Pasir 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.Manfaat dari penelitian ini ada 2 yaitu 1) manfaat teoritis dan 2) manfaat praktis. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif merupakan kategori penelitian lapangan (field research). Tempat penelitian di SD Negeri Pasir 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak yang dilaksanakan mulai bulan April 2022 sampai bulan September 2022. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data peneliti berperan mengumpulkan data dengan cara bertanya, meminta, mendengar dan mengambil informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian 1) perencanaan melibatkan semua guru pada awal untuk menyelaraskan penguatan pendidikan karakter di kelas secara bersama sama. Selain itu perencanaan juga mengacu kepada Kemendikanas 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, 2) pengorganisasian semua bekerja sesuai dengan tupoksi yang ditetapkan oleh kepala sekolah dalam lingkup sekolah dan ditetapkan oleh guru kelas dalam lingkup kelas, 3) Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas dimasuk didalamnya adalah pembiasaan positif yang terintegrasi dengan materi berdasarkan tema, 4) pengawasan eksteren dilakukan oleh komite sekolah. kemudian teknik pengawasan dilakukan secara lansung melalui kunjungan kelas dan tidak langsung melalui laporan program pembelajaran dan evaluasi kurikulum. Kata Kunci : Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter, Pendekatan, Kelas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah merupakan jurnal ilmiah inovasi dari multidisiplin ilmu yang diteliti di sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah diterbitkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Semarang dengan ISSN 2774-9363 (Cetak) dan ISSN 2774-9746 (Online). Terbit ...