Abstrak Supervisi merupakan bantuan teknis yang diberikan kepada guru sebagai upaya untuk peningkatan kapasitas dan peningkatan kompetensi guru. Fokus dari penelitian yaitu mendeskripsikan dan menganalisis manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui1) tahap pra lapangan atau orientasi, 2) tahap pekerjaan lapangan atau eksplorasi fokus, 3) analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dilakukan dengan identifikasi kebutuhan supervisi, penetapan program, priotitas program supervisi dan sosialisasi program supervisi, 2) pengorganisasian manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dilakukan dengan meliputi penempatan sumber daya sekolah, pengembangan organisasi, penugasan dan pendelegasian wewenang. 3) penggerakkan manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional gurudilakukan oleh kepala sekolah meliputi pengarahan kepala sekolah dan motivasi kepala sekolah. 4) pengawasan manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional gurudilakukan oleh kepala sekolah meliputi membuat penilaian, evaluasi kegiatan pelaksanaan, dan tindak lanjut. Kata Kunci: Manajemen Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru, Pembelajaran Bahasa Inggris
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024