Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2024): April 2024

Pendampingan Penerapan Strategi Direct dan Indirect Marketing serta Uji Nilai Gizi pada Produk UMKM Wangirasa

Tsany, Fadhlan (Unknown)
Hutajulu, Ivonia R. (Unknown)
Irfany, M. Iqbal (Unknown)
Maulidiya, Sherly Eka (Unknown)
Sari, Yulia (Unknown)
Isbayu, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemasaran pada UMKM Bandrek Wangi Rasa di Desa Sinarsari melalui pendampingan dalam penerapan strategi direct dan indirect marketing, serta melakukan uji nilai gizi produk untuk memastikan kualitas dan meningkatkan daya saing di pasar. Dalam implementasi program ini, pihak yang terlibat adalah satu orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen, satu orang alumni sebagai project manager, satu orang sebagai supervisor, dan tiga orang dosen IPB. Metode pelaksanaan terbagi menjadi lima tahapan, yaitu peninjauan lokasi, diskusi permasalahan, perencanaan program, pelaksanaan pendampingan, dan monitoring. Pengujian nilai gizi produk dilaksanakan dengan uji nilai gizi di laboratorium jasa analisis gizi, FEMA. Strategi direct marketing produk UMKM Bandrek Wangi Rasa dilaksanakan dengan mengikuti pameran produk dalam event Student Entrepreneur Expo 2023. Sedangkan strategi indirect marketing dilaksanakan melalui pembuatan company profile dan product introduction, penggunaan marketplace shopee, instagram dan tiktok. Hasil uji kandungan gizi pada tiga varian produk bandrek menunjukkan bahwa nilai kadar air, kadar abu, kadar lemak, dan kadar protein yang sudah sesuai dengan standar SNI 01-4320-1996. Sementara total energi pada varian coklat dan susu lebih banyak dibandingkan dengan varian jeruk nipis. Pengujian terhadap kandungan nilai gizi produk dapat memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai komposisi nutrisi produk Bandrek Wangi Rasa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pim

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Artikel yang dimuat pada Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (JPIM) berhubungan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi deskripsi inovasi, praktik, dan perubahan kondisi masyarakat. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa karya ilmiah yang berisi penerapan hasil penelitian dan ...