Jurnal Sastra Indonesia
Vol 12, No 3 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER

NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM NOVEL HIJRAH TERINDAH KARYA INDAH NUR SAFITRI DAN JAYMES R DAN IMPLIKASINYA PADA PENGAJARAN SASTRA

Zhabila, Jenita (Unknown)
Nopriyani, Henny (Unknown)
Juliansa, Pepes Redi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimanakah nilai-nilai Pendidikan profetik dalam novel Hijrah Terindah karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R dan implikasinya pada pengajaran sastra”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan profetik yang terkandung dalam novel Hijrah Terindah karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R dan mengimplikasikan nilai-nilai pendidikan profetik tersebut pada pengajaran sastra. Penelitian ini menggunakan teori nilai pendidikan profetik menurut Zainiyati. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah studi Pustaka yang melalui membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis isi untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai Pendidikan Profetik dalam Novel Hijrah Terindah Karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R  yaitu : (a) Nilai Shidiq yang peneliti temukan ada 11, 9 sifat tulus dan 2 sifat jujur, (b) Nilai amanah yang peneliti temukan ada 8, 4 sifat dapat dipercaya, 3 sifat bertanggung jawab dalam perbuatannya dan 1 sifat bertanggung jawab dalam perkataannya, (c) Nilai tabligh yang peneliti temukan ada 16 kutipan menyampaikan kebenaran, (d) Nilai fathonah yang peneliti temukan ada 9 kutipan pandai dalam bertutur kata dan pandai memberikan nasihat baik. (2) Hasil implikasi menujukkan jumlah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Pagar Alam yang mampu menjawab kutipan nilai shidiq yang terdapat dalam novel Hijrah Terindah karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R terdapat 27 dari 29 peserta didik dengan nilai rerata (93%), untuk nilai amanah terdapat 29 dari 29 peserta didik dengan nilai rerata (100%), sedangkan nilai tabligh terdapat 29 dari 29 peserta didik dengan nilai rerata (100%), dan untuk nilai fathonah terdapat 23 dari 29 peserta didik dengan nilai rerata (79%). Dari keempat nilai tersebut, nilai-nilai pendidikan profetik yang paling dipahami dan dimengerti oleh peserta didik yaitu nilai amanah dan nilai tabligh dengan nilai rerata (100%).Kata kunci:  nilai, pendidikan, profetik, hijrah terindah, implikasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan ...