Bahasa merupakan elemen vital dalam proses berkomunikasi. campur kode sering terjadi sebagai hasil dari kontak bahasa. Penggunaannya dapat dijumpai pada jejaring sosial. Salah satunya bisa dilihat di kanal HAS Creative. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan memperoleh gambaran secara mendalam mengenai bentuk dan jenis campur kode dalam video Youtube HAS Creative. Metodenya deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari transkrip video berjudul, “PWK – BROKEN HOME JADI PRIVILEGE, OZA RANGKUTI “ANAK JAMAN SEKARANG PADA MAU ORANG TUANYA CERE”. Teknik pengumpulan data yakni mengunduh, menonton, mencatat, mentranskrip, korpus, reduksi, dan data. Hasil penelitian menunjukkan ada enam bentuk campur kode, yakni: (1) bentuk kata, meliputi: chef, sorry, hijrah, (2) bentuk frasa, antara lain: right now, partner gua, mention gua, (3) bentuk baster, seperti: ngefans, viewersnya, (4) bentuk kata ulang, diantaranya: crew-crew, bocah-bocah, sexy-sexy, (5) bentuk idiom, yakni: broken home, lone wolf, dan (6) bentuk klausa: contohnya: gue ngehandle duitnya tolol. Selain itu jenis campur kode yang terdapat dalam video YouTube HAS Creative, adalah campur kode: (1) ke dalam, seperti: aneh banget bocah-bocah sekarang, (2) ke luar, contohnya: overhinking tentang masakan Padang, dan (3) campuran, yaitu: gua naruh point of viewnya.Kata kunci: campur kode, video youtube, HAS creative
Copyrights © 2023