Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada muatan PPKn Tema 7 materi Peristiwa Dalam Kehidupan. Hal ini disebabkan pembelajaran kurang melibatkan keaktifan siswa, Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tanipah 2 Barito Kuala, berjumlah 11 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, semester II tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 63% dengan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai skor 82% dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai 63% dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II mencapai 100% dengan kriteria “sangat baik”. Pembelajaran muatan PPKn Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan menggunakan model Problem Based Learning dan Numbered Head Together disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023