Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling
Vol. 1 No. 3 (2023): Oktober - Desember

Implementasi Model Problem Based Learning Dan Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Muatan PPKN Kelas V SDN Tanipah 2 Barito Kuala

Syahdewa, Arlana Ridho (Unknown)
Sunarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2023

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada muatan PPKn Tema 7 materi Peristiwa Dalam Kehidupan. Hal ini disebabkan pembelajaran kurang melibatkan keaktifan siswa, Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tanipah 2 Barito Kuala, berjumlah 11 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, semester II tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 63% dengan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai skor 82% dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai 63% dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II mencapai 100% dengan kriteria “sangat baik”. Pembelajaran muatan PPKn Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan menggunakan model Problem Based Learning dan Numbered Head Together disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdsk

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

urnal Pendidikan Sosial dan Konseling (JPDSK) merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun, ...