Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling
Vol. 1 No. 3 (2023): Oktober - Desember

Meningkatkan Aktivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Muatan Matematika Menggunakan Model PRC di SDN Kelayan Selatan 2

Gunawati, Lita (Unknown)
Asrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Permasalahan penelitian ini ialah kurangnya aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan rencdahnya hasil belajar, khususnya dalam muatan matematika materi “keliling dan luas bangun datar”. Upaya mengatasi permasalahan ini yaitu dengan penggunaan model PRC. Bertjuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis PTK, dilaksanakn dalam 3x pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kelayan Selatan 2 Banjarmasin berjumlah 13 orang. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik, peserta didik, dan kemampuan pemecahan masalah, sedangkan kuantitatif didapat melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu, berupa deskripsi, tabel, dan grafik. Hasil temuan ini memperlihatkan bahwa kegiatan pendidik, siswa, kemampuan pemecahan masalah serta hasil belajar menunjukkan adanya perubahan dan peningkatan yang diperoleh oleh guru maupun siswa dari pertemuan 1 hingga pertemuan 3. Berdasarkan hasil penelitian maka bisa diambil kesimpulan dengan menggunakan model PRC dapat meningkatkan aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdsk

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

urnal Pendidikan Sosial dan Konseling (JPDSK) merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun, ...