Permasalahan penelitian ini ialah kurangnya aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan rencdahnya hasil belajar, khususnya dalam muatan matematika materi “keliling dan luas bangun datar”. Upaya mengatasi permasalahan ini yaitu dengan penggunaan model PRC. Bertjuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis PTK, dilaksanakn dalam 3x pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kelayan Selatan 2 Banjarmasin berjumlah 13 orang. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik, peserta didik, dan kemampuan pemecahan masalah, sedangkan kuantitatif didapat melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu, berupa deskripsi, tabel, dan grafik. Hasil temuan ini memperlihatkan bahwa kegiatan pendidik, siswa, kemampuan pemecahan masalah serta hasil belajar menunjukkan adanya perubahan dan peningkatan yang diperoleh oleh guru maupun siswa dari pertemuan 1 hingga pertemuan 3. Berdasarkan hasil penelitian maka bisa diambil kesimpulan dengan menggunakan model PRC dapat meningkatkan aktivitas, kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023