Untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran efektif guru(calon guru) harus memahami apa itu pembelajaran efektif, belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan. Hal yang menjadi pelajaran terpenting bagi guru adalah bahwa siswa merupakan seseorang yang aktif, guru yang membangun guru yang harus menyediakan lingkungan belajar dan meyakini bahwa eksplorasi lingkungan dan interaksi yang terjadi dapat membentuk dan berkembangPenelitian ini menggunakan metode observasi dan pendekatan kualitatif. Metode Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukaan melalui sesuatu observasi, dengan disertai pencatatan-pencatatan terhadap keadaan atau prilaku objek sasaran . Penelitian kualitatif yang menghasilkan dan mengolah data yang bersifat deskriptif, seperti transkripsi wawancara, catatan lapangan, gambar, foto, rekaman video dan lain sebagainya dan bersifat nyata sesuai dengan objek sasaran (Poerwandari, 1998,29). Bangunan sekolah yang kami observasi yaitu SD Negeri 1 JurangJero digunakan oleh unit SD mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Berdiri diatas bangunan milik pemerintah pusat. Bangunan terlihat kokoh, warna dinding didominasi dengan warna cokelat muda. Ruangan Kepala SD Negeri 1 JurangJero memiliki fasilitas yang sangat memadai. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran SD Negeri 1 JurangJero sudah menggunakan Kurikulum merdeka. Berdasarkan bahasan diatas,kesimpulan yang dapat diambil dari laporan ini adalah kita harus mengetahui empat aspek yang di atas.keempat aspek diatas yaitu, profil dan kondisi fisik sekolah dasar,hal-hal apa saja yang harus guru dipersiapkan sebelum melakukan proses pembelajaran,serta Bagaimana upayanya Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS,dan juga adanya kendala apa saja yang dihadapi siswa saat kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2024